Istilah Reach dan Impression Instagram

Istilah Reach dan Impression Instagram

mafiasakti-pelatihan-optimasi-instagram

Udah lama saya gak update di website ini ya hehe

Kali ini saya mau bahas apa itu Reach dan Impression Instagram.
Kenapa saya bahas ini?
Bukan satu dua orang yang chat ke Whatsapp, Telegram, maupun mesenger saya menanyakan hal ini. Daripada jelasin satu-satu mending saya jawab disini aja.

Saat Kamu mulai menggunakan Instagram sebagai salah satu media digital marketing bisnis kamu, ada dua komponen penting yaitu reach dan impression. Dua komponen ini bisa menjadi tolak ukur kita ketika akan menggunakan traffic berbayar atau ads, Paid Promote, dan Endorse dan melihat hasilnya.

Sayangnya,  masih banyak yang belum bisa membedakan istilah reach dan impression Instagram dan mana yang lebih penting.

Istilah reach dan impression Instagram

Sebenarnya istilah reach dan impression bukanlah sebuah istilah yang baru dalam media sosial. Kamu bisa menemukan ini juga di media sosial lainnya seperti Facebook. Tapi, tiap media sosial memiliki pengertian yang berbeda. Di Instagram sendiri, fitur ini seingat saya mulai dimunculkan pada tahun 2018.

Dalam Instagram, reach mengacu pada jumlah akun unik yang telah melihat konten. Jika 100 akun telah melihat konten Anda, maka jumlah reach yang Anda dapatkan adalah 100. Sedangkan untuk impression sendiri mengacu pada berapa kali konten Anda telah tampil di layar pengguna.

Jadi semisal konten Anda telah tampil di 300 layar pengguna, maka total impression yang konten Anda dapat adalah 300.

Biasanya, jumlah impression akan lebih tinggi daripada reach, hal ini karena 1 user dapat menghasilkan impression lebih dari 1 impression, tergantung dari seberapa banyak user tersebut melihat konten.

Kita coba baca data berikut ini, supaya kamu bisa lebih paham,

mafiasakti-pelatihan-optimasi-instagram
Dari gambar diatas, bisa kita lihat Account Reached (Jangkauan Akun Pengguna Instagram) adalah sebanyak 2.230.346 Akun Pengguna Instagram. Dengan kata lain, Jika 2.230.346 akun telah melihat konten kamu, maka jumlah reach yang Anda dapatkan adalah 2.230.346 pengguna instagram.

Jadi jika berdasarkan gambar diatas pula, konten akun Instagram kamu yang telah tampil di 2.230.346 layar pengguna, maka total impression yang konten kamu dapat adalah sebanyak 5.189.440.

Pertanyaannya adalah,

Kenapa jumlah Impression bisa lebih banyak dari jumlah Reach?

Karena biasanya, jumlah impression akan lebih tinggi daripada reach, hal ini karena 1 akun pengguna dapat menghasilkan impression lebih dari 1 impression, tergantung dari seberapa banyak akun pengguna instagram tersebut melihat konten.

Berdasarkan data diatas, berarti dapat disimpulkan bahwa 1 konten dilihat sebanyak 2-3 kali oleh 1 pengguna.

Berikut cara perhitungannya :

Reach : 2.230.346
Impression : 5.189.440
Jumlah konten/post dilihat = Impression : Reach = 5.189.440 : 2.230.346 = 2,326 kali ~ 2-3 kali

Pentingnya mengetahui perbedaan reach dan impression

Mengetahui perbedaan reach dan impression untuk Kamu yang menerapkan pemasaran melalui Instagram. Apalagi ketika Kamu nantinya melakukan pemasaran melalui traffic berbayar atau ads, Paid Promote, dan Endorse, tentu kita harus mengetahui apakah iklan kita berhasil atau tidak.

Mengetahui perbedaan reach dan impression juga akan membantu Kamu untuk:

1. Brand awareness

Jika angka reach Kamu mencapai angka yang signifikan, bisa dikatakan juga bahwa brand awareness dari brand Kamu mulai naik. Artinya juga, jangkauan bisnis kamusemakin luas.

2. Menambah audiens

Di dunia social media marketing, jumlah audiens memainkan peranan penting. Mengetahui perbedaan dari reach dan impression membantu Kamu untuk memenangkan hati audiens dan dengan begitu bisa menambah audiens untuk akun Kamu.

3. Membangun ikatan

Punya banyak pengikut memang baik, tapi itu belum bisa dikatakan berhasil jika tidak adanya ikatan antara brand dan juga audiens.

Dikatakan berhasil jika brand sudah bisa memberikan pengaruh pada audiens. Membangun hubungan yang kuat dan konsisten dengan audiens akan sangat memengaruhi performa strategi social media marketing Kamu.

3 poin diatas membutuhkan persiapan yang sangat matang. Mulai dari pembuatan konten (gambar dan video yang menarik), caption yang “memancing” sehingga pengguna mau berinteraksi dengan akun kita, dan kemungkinan besar hal ini akan sangat sulit dilakukan jika kita masih FOKUS dengan produk atau jasa yang akan kita pasarkan.

Disinilah pentingnya kita paham tentang akun publik Instagram. Apa itu akun publik instagram?
Bisa kamu baca DISINI

Reach vs impression

Setelah Kamu paham perbedaan dari istilah reach dan impression Instagram, lalu mana yang terbaik untuk diriset dan dijadikan patokan dalam kegiatan social media marketing?

Reach dan impression mengacu pada dua aktivitas yang berbeda tergantung apa sasaran Anda.

Jika Anda ingin melacak konten Kamu dari waktu ke waktu, atau jika Kamu ingin mengetahui berapa banyak tayangan iklan Kamu. Impression bisa menjadi alat ukur yang tepat. Kamu jadi bisa menilai ada yang salah dengan konten, dari sudut pandang tayangan.

Lalu bagaimana dengan reach?

Untuk reach, dapat membantu Kamu untuk mengetahui apakah ada yang salah dengan materi konten. Jika konten atau iklan yang Kamu pasang mendapatkan penambahan follower, atau juga berujung pada konversi, itu berarti Kamu harus melakukan perbaikan pada materi konten.

Reach dan impression Instagram sebenarnya bisa difokuskan secara bersamaan untuk memberitahu kita tentang seberapa efektifkah kinerja kampanye social media marketing yang kita lakukan.

Setelah Kamu dapat membedakan kedua komponen penting, reach dan impression, Kamu dapat mulai membangun social media engagement. Karena secara garis besar, kampanye social media adalah meningkatkan engagement. Jika konten Kamu memiliki sedikit atau bahkan tidak ada like, comment, berarti itu ada yang salah dengan konten. Termasuk juga dengan hashtag yang ada di caption-nya.

Layanan MAFIA SAKTI

MAFIA SAKTI adalah Konsultan Internet Marketing meliputi Social Media, Affiliate, Keyword, Trend, dan Insight. Jika Kamu tertarik untuk dapat membangun engagement yang tinggi untuk akun media sosial kamu, MAFIA SAKTI mempunyai tim digital marketing profesional yang akan membantu kamu dengan ide-ide kreatif dan skill yang sudah teruji di bidang Instagram khususnya, berkecimpung sejak tahun 2014.

Ngobrol Santai Instagram, bisa gabung DISINI

Download Ebook Cara Cepat Mendapatkan 100.000 Follower, klik DISINI

Jangan lupa, follow juga akun Instagram saya ya, klik DISINI

Semoga bermanfaat.

Salam,
Sakti Alamsyah Amri

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *