9 Tips Menghindari Banned Pada Akun Baru Instagram

9 Tips Menghindari Banned Pada Akun Baru Instagram

9 Tips Menghindari Banned Pada Akun Baru Instagram – Beberapa minggu terakhir ini, instagram bisa dikatakan lagi “galak”. Bukan satu dua akun dari member MAFIA INSTA yang terkena BANNED, bahkan banyak yang inbox ke saya menanyakan soal akunnya yang tiba-tiba dihapus instagram.

Mereka bercerita bahwa akun-akun mereka yang baru saja digunakan di banned secara sepihak oleh Instagram. Sedih ya di banned. Saya juga pernah ngalamin kok, jadi cukup tau rasanya. Kalau baru dibuat sih masih mending kayaknya, ini udah lama buat akunnya, bahkan udah bisa menghasilkan eeehhh tetep aja kena banned. Pasti galau berat. Tapi saya selalu bilang pada mereka, 1 akun tumbang, tumbuh 10.000 akun 🙂

Di artikel ini, saya akan membahas bagaimana menghindari banned terutama bagi akun-akun baru di Instagram. Yang saya maksud akun baru adalah akun yang berumur kurang dari 1 minggu. Kenapa 1 minggu ? Tidak ada ukuran pasti sebenarnya, hanya saja ini berdasarkan pengalaman saya pribadi dan laporan dari beberapa teman yang akunnya terkena banned. Akun-akun dengan umur 1 minggu lebih sudah mulai tahan banned, bahkan sudah bisa dipasangkan aplikasi third party seperti schedule post atau auto bot.

Penyebab Utama Banned Akun Baru

Sebagian orang masih bingung dengan penyebab utama dari banned sepihak oleh Instagram. Ada yang menyalahkan Instagram, ada yang menyalahkan developer aplikasi bot yang digunakan, ada yang nyalahin mentornya (saya…wkwk) dan sebagainya. Padahal yang sebenarnya harus disalahkan adalah diri kita sendiri.

Penyebab utama banned sebenarnya adalah adanya tindakan secara MASSIVE , terlalu bernafsu untuk beraktifitas secara di Instagram. Baru buat akun, langsung upload 100 foto katalog produk, atau langsung follow ribuan orang secara massal. Ya iya lah PASTI di banned sepihak oleh Instagram. Tahan dirimu om/tante 🙂

Akun baru di Instagram ibarat baru yang baru lahir. Jangan paksa untuk melakukan aktivitas ini itu secara brutal. Berinteraksilah secara perlahan, normal, dan wajar di Instagram. Kelak pelan-pelan akun anda akan kuat dan kebal terhadap banned Instagram. Layaknya seorang bayi lama-lama bisa kebal terhadap penyakit.

9 Tips Menghindari Banned Pada Akun Baru Instagram

Agar tidak menyesal dikemudian hari, bersabarlah pada minggu-minggu pertama umur akun. Berikut 9 tips yang biasa saya terapkan untuk menghindari banned pada akun baru, namun optimasi tetap bisa dilakukan secara perlahan.

  1. Jangan terlalu massive pada 1 minggu pertama

Bersabarlah untuk 1 minggu pertama di Instagram. Tidak perlu tergesa-gesa meng-upload semua foto katalog yang anda miliki karena sudah tidak sabar jualan online. Pelan-pelan saja. Upload sewajarnya, beraktivitaslah secukupnya.

  1. Kenali limit-limit aktivitas Instagram

Instagram memiliki batasan-batasan dalam setiap aktivitasnya. Kita tahu, ada 5 aktivitas utama yang bisa dilakukan di Instagram ; Likes, Comment, Follow, Unfollow, dan Post. Masing-masing aktivitas ini memiliki batasan tersendiri. Materi ini bakal dibahas tuntas di MAFIA INSTAGRAM.

  1. Berinteraksilah secara normal via Smartphone

Instagram di desain untuk pengguna mobile. Karena itu, di awal pembuatan akun, berinteraksilah menggunakan Instagram via Smartphone anda. Postinglah dari HP agar Instagram mengenali anda sebagai pengguna normal. Lakukan juga likes dan comment sewajarnya.

  1. Jangan gunakan aplikasi pihak ketiga secara berlebihan

Aplikasi pihak ketiga memang sangat membantu pekerjaan kita dalam melakukan optimasi Instagram. Entah itu aplikasi bot, atau aplikasi manajemen konten dan sebagainya. Jangan gunakan aplikasi ini secara berlebihan, terlebih di bulan-bulan pertama akun Instagram anda. Instagram akan mencurigai akun Instagram anda dikendalikan oleh mesin dan tidak akan segan-segan mem-banned akun anda.

  1. Gunakan foto profil

Ini salah satu elemen sederhana namun sangat penting. Gunakanlah foto profil yang merepresentasikan akun anda. Jangan biarkan kosong karena Instagram akan menganggapnya sebagai akun yang tidak aktif.

  1. Isi keterangan dengan lengkap

Jangan lupa isi biodata anda dengan lengkap. Deskripsikan akun anda pada bagian bio. Jangan lupa taruh link website atau link social profile anda pada bagian website. Keterangan ini akan membuat akun anda terlihat lebih alami dan natural.

  1. Gunakan keamanan ganda

Jangan lupa gunakan email ganda sebagai pengaman dari email Instagram yang anda gunakan. Sertakan nomor HP juga agar kelak bila terjadi sesuatu dengan akun anda, Instagram dengan mudah dapat menghubungi anda.

  1. Gunakan link web sebagaimana mestinya

Sebelum instagram “galak” seperti sekarang, kita bisa menggunakan link selain link web (wwwdotcom), seperti link url line@, custom short link (bitlydotcom) atau google link shortener. Tapi semenjak instagram berubah dan aturannya diperketat, penggunaan selain link web (wwwdotcom) jika umur akunnya masih kurang dari 1 minggu, bisa saya pastikan akunnya bakal kena banned. Jadi bersabar dulu aja ya kalau mau pasang link line@ ataupun custom link shortener.

  1. Jangan terlalu sering gonta-ganti username

Biasanya karena belum menemukan username yang pas dan cocok kita sering gonta-ganti username. Nah hal ini sebaiknya jangan dilakukan dalam kurun waktu kurang dari 1 minggu. Saran saya, sebaiknya riset terlebih dahulu username apa yang pas dan terOPTIMASI sebelum kita membuat akun baru.

Penutup

Akun-akun baru masih rentan terhadap Banned Instagram. Perlakukan akun baru anda layaknya pengguna normal di Instagram. Jangan grusak grusuk. Bersabarlah jika ingin mengOPTIMASI akun baru, minimal saat umur 1 minggu. 9 Tips di atas bisa anda terapkan untuk menghindari banned. Percayalah, bersabar menghindari banned itu lebih baik daripada GALAU di banned sepihak dan tidak boleh protes oleh Instagram.

Jika anda ingin belajar dan lebih paham bagaimana mengOPTIMASI INSTAGRAM, anda bisa bergabung dengan komunitas MAFIA INSTAGRAM. Info lengkapnya DISINI

 

Salam,

Sakti Alamsyah Amri

Founder MAFIA INSTA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *